Sahabat CC pasti akrab donk sama benda yang kita bahas
kali ini,, mobil,, soalnya kita semua pasti selalu menjumpainya dalam kehidupan
sehari-hari. Dan bukan rahasia lagi kalo bentuk sama model mobil selalu berubah-ubah,
tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo.
Banyak orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil
tertentu, tapi cuma sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah
dari logo mobil kesayangannya. Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif loh. Tapi, logo punya fungsi penting- memperkenalkan
produk ke pasar dunia.
Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu
simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya. Yang jelas, ada maksud tertentu
atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Nah di bawah ini
ada cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.
1. Mercedes Benz
Logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus dominasi
perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara.
Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha
Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama
Mercedes.
Jellinek tak hanya menjual mobil
Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap motor
pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik
nama samarannya, Mercedes.
Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi.
Tapi, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil,
Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan
Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl Benz.
Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan
untuk pertama kalinya di 1937.
2. Audi
Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A.
Horc & Cie pada 1899.
Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari
perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz
Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.
Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra
Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti
'audiatur et altera pars' [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?]
Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar'
dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti
'mendengar'.
Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi,
Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union.
Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang
bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus
rahmat bagi mereka hingga saat ini.
3. BMW
Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud
lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit
berselang-seling.
Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar
di langit biru.
Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok
utama mesin pesawat terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman
selama Perang Dunia I.
Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah
Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.
Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW
berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem
kereta api, lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan mobil yang mendunia.
4. Chevrolet
Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang
pertama, pendiri perusahaan, William C Durant terinspirasi kertas pelapis
dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo.
Versi cerita berbeda datang dari istrinya. Dikatakan,
inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat kabar Virginia -- ketika
mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912.
5. Ferrari
Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak
Ferrari ternyata punya cerita menarik.
Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia
dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca -- penerbang
Italia yang gugur dalam perang.
Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya,
dia menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang
tua Baracca.
Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di mobil
Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa
ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan.
6. Ford
Logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan
huruf 'Ford' yang ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.
Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan
dekat Henry Ford.
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu
nama.
Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk
perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang
digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama.
Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford.
Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo
terakhir -- oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor
Company.
7. Lamborghini
Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik.
Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini.
Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah
penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya.
Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang
telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.
8. Renault
Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika
baru berusia 21 tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault
bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel.
Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank
militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17 digemari
selama Perang Dunia I.
Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan
didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo
yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol
kualitas.
9. Volkswagen
Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo
mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana
dan cepat dikenal di dunia.
Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang
lingkaran warna biru.
Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'.
Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan
Franz Reimspiess.
Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik --
dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman.
Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan
harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan
ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak
kecil.
Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak
memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka kedok di
balik maksud Hitler sebenarnya.
10. Volvo
Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata
Volvo berasal dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar.
Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi -- yakni
lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan.
Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' dewa perang.
Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan.
Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan
tradisi kuat industri besi Swedia.
Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru.
Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil
alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya.
Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang
dianggap inferior.
Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen
Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
11. Hyundai
Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan
'Drive your way' ini memiliki logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval --
menggambarkan keinginan kuat perusahaan untuk mendunia.
Huruf H yang miring dan bergaya, juga menggambarkan
simbol dua orang -- representasi perusahaan dan pelanggan -- sedang berjabat
tangan.
12. Toyota
Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang
berarti 'Toyota'. Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu
terdiri dari tiga bentuk oval.
Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T'
merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara
pelanggan dan Toyota.
Latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan
perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi perusahaan
untuk terus maju.
Nah itulah fakta dan arti dibalik logo mobil.....
Terima kasih telah membaca: Fakta dan Arti dibalik Logo Mobil Terkenal
Dari
berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar