Minggu, 26 Agustus 2012

"Hiriko" Mobil Listrik Kecil Yang Bisa Dilipat


Untuk ukuran sebuah kota yang padat dan macet, seperti Jakarta misalnya, keberadaan City Car (mobil berukuran kecil) sepertinya memang sudah mendesak dan sangat dibutuhkan. Manalagi lahan parkir yang semakin kecil, sudah sepatutnya city car menjadi salah satu solusinya.


Hiriko ialah mobil listrik kecil (city car) yang merupakan ciptaan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, bukan hanya kecil saja (panjang 1,5 m), akan tetapi juga pintar dan bisa dilipat.
Pertama soal kemampuannya dalam melipat diri, membuat panjang mobil ini bisa mengecil setengah, sehingga akan menjadi lebih hemat tempat untuk memarkirnya. Maka jangan heran, kalau Hiriko diklaim bisa membuat 1 tempat parkir dimuati oleh 3 Hiriko.
Yang kedua ialah masalah disain kaca depannya yang juga berfungsi sebagai pintu masuk untuk mobil berkapasitas 2 penumpang ini.

Mesin Hiriko terletak pada bagian rodanya. Dan bicara soal rodanya, dapat berputar masing-masing, sehingga manuver jauh lebih mudah dan tidak butuh area yang luas, bahkan Hiriko bisa dengan sangat mudah berputar di tempat.
Hiriko bisa dipacu hingga kecepatan 100 km/jam dan mampu berjalan sejauh 120 km dengan sekali isi ulang. Nantinya, kalau jadi mobil ini jadi diproduksi, akan di bandrol pada kisaran US$ 16.355 (sekitar Rp150 jutaan). Tertarik untuk memilikinya?

Terima kasih telah membaca: “Hiriko” Mobil Listrik Kecil Yang Bisa Dilipat

                Sumber: siradel.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar