Kamis, 21 Juni 2012

Air Terjun di Jogja


Tempat wisata Jogja sangat beragam. Beberapa tempat wisata menawarkan pemandangan alam yang indah. Nah..belum banyak yang tau kan kalau di Jogja  punya air terjun yang indah. Berikut beberapa air terjun di Jogja yang dapat mudah dijangkau. 
Air Terjun Telogo Muncar Kaliurang


Air Terjun Telogo Muncar yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Kaliurang  berada di kawasan wisata Kaliurang, Sleman di lereng gunung Merapi.  Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 – 45 meter dan berada pada ketinggian 878m di atas permukaan laut (dpl) dengan suhu antara 20-25 derajat Celsius.  Sumber mata air terjun ini berada di lereng Bukit Plawangan. Sayangnya saat musim kemarau biasanya air terjunnya mengalami kekeringan, hal ini dikarenakan debit airnya sangat kecil.



Air terjun Parangtritis

Belum banyak yang tau kalau di Parangtritis ada air terjunya. Kalau mau kesana setelah masuk parangtritis berjalanlah ke arah timur. Pasti nanti akan menemui air terjunnya. tinggiya sekitar 15 m dan berundak. Kalau kamu berani bisa naik ke atas dan ambil foto narsis mode on.. hehehe....


Air Terjun Sri getuk Gunung Kidul

 Terletak satu objek rangkaian dengan gua Rancang. Menawarkan keindahan alami dan saat ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Gunung Kidul. Untuk sampai ke air terjun Sri Gethuk, pengujung bisa mencapainya dari jalan utama Jogja – Wonosari dengan jarak sekitar 10 km, yang dihiasi dengan jalanan batu putih bukan aspal sepanjang sekitar 3 km yang hanya bisa dilalui oleh maksimal satu kendaraan.
Lokasinya yang cukup ekstrim membuatnya tak ada layanan angkutan umum yang beroperasi di daerah tersebut. Jalan satu-satunya adalah hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus yang tak tak terlalu besar. Sebelum mencapai air terjun Sri Gethuk, pengunjung disarankan untuk menempuh rute lengkap dari yang pertama yaitu Goa Rancang Kencana. Dari goa ini, pengunjung bisa berjalan menuju air terjun atau bisa diantarkan dengan fasilitas kendaraan pick up atau bak oleh pengelola tempat wisata hingga di tepi Sungai Oyo.

Air Terjun Perawan Sidoharjo Kulonprogo 

i            Air terjun ini terletak di Kulonprogo. Curug Sidoharjo ini tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Arah paling mudah adalah start dari tugu terus ke barat menyusuri jln godean. Perempatan ring road masih terus kebarat, sampai di pasar godean perjalanan masih diteruskan sampai ke arah dekso kulon progo.
Dari sini ancar-ancar yang bisa digunakan adalah pasar dekso. Perkiraan dari tugu sampai dekso sekitar 1 jam perjalanan menggunakan motor. Jaraknya sekitar 5 km dari Pasar Dekso, setelah sampai di MTs Sidoharjo belok ke kiri dan melewati jalan yang menanjak, dan selanjutnya harus melawati jalan setapak di pinggir sawah dan hutan. Jika masih bingung, kalau sudah sampai di sekitar pasar dekso bisa tanya langsung ke penduduk. Sedangkan papan nama dan penunjuk arah belum tersedia. Perjalanan sekitar 500 m.
Air terjunnya setinggi 30-40 meter membuat air yang jatuh memecah dan tertiup angin. Dari jarak beberapa puluh meter sudah dapat membuat basah pakaian. Air terjun ini jatuh dari tebing batu dengan pemandangan kanan kiri yang ditumbuhi tanaman menghijau. Nah bagi anda yang belum tau destinasi wisata baru ini, bisa menjadi alternatif berwisata di wilayah kulon progo. Tapi harus diingat karena debit air terjun ini sangat tergantung pada curah hujan. Jika musim kemarau air terjun ini debit air menyusut bahkan kering. 

Terimakasih telah membaca:  Air Terjun di Jogja

dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar